Minggu, 19 Februari 2012

FIREWALL


FIREWALL
(catatan matkul keamanan dan jaringan komp.)
Firewall merupakan sebuah perangkat yang diletakkan antara Internet dengan jaringan internal. Informasi yang keluar atau masuk harus melalui firewall ini.
Tujuan adanya firewall adalah untuk menjaga (prevent) agar akses (ke dalam maupun ke luar) dari orang yang tidak berwenang (unauthorized access) tidak dapat dilakukan.
Konfigurasi dari firewall bergantung kepada kebijaksanaan (policy) dari organisasi yang bersangkutan, yang dapat dibagi menjadi dua jenis:
prohibitted
permitted

Secara konseptual terdapat 2 macam firewall:
  1. Network Level
            mendasarkan keputusan pada alamat sumber, alamat tujuan dan port yang terdapat dalam setiap paket IP.
2.         Application Firewall
            Host yang berjalan sebagai proxy server, yang tidak mengijinkan lalulintas antar jaringan dan melakukan logging dan auditing lalulintas yang melaluinya.
  Firewall bekerja dengan mengamati paket IP
            (Internet Protocol) yang melewatinya. Berdasarkan konfigurasi dari firewall maka akses dapat diatur  berdasarkan IP address, port, dan arah informasi. Detail dari konfigurasi bergantung kepada masing-masing firewall.
  Firewall dapat berupa sebuah perangkat keras yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu, sehingga pemakai (administrator) tinggal melakukan konfigurasi dari firewall tersebut.
  Firewall juga dapat berupa perangkat lunak yang ditambahkan kepada sebuah server (baik UNIX maupun Windows NT), yang dikonfigurasi menjadi firewall.
  Untuk menjaga fungsi komunikasi jaringan dalam lingkungan yang ber-firewall, dilakukan dua cara :

1. Packet filtering
>  mekanisme pengontrolan data yang diperbolehkan mengalir          dari dan atau ke jaringan internal dengan menggunakan            beberapa paremeter yang tercantum dalam header paket data: arah (inbound atau outbond), address asal dan tujuan, port asal dan tujuan serta jenis protokol transport. seperti telnet dan SMTP (Single Mail Transport Protocol). 
2. Menggunakan sistem proxy, dimana setiap komunikasi yang terjadi antar kedua jaringan harus dilakukan melalui suatu operator, dalam hal ini proxy server.        
>  Protokol FTP (File Transport Protocol) lebih efektif ditangani dengan sistem Proxy. Kebanyakan firewall menggunakan kombinasi kedua teknik ini (Packet filtering dan Proxy)
   >  Fungsi proxy dapat dilakukan oleh berbagai software tergantung kepada jenis proxy yang dibutuhkan, misalnya web proxy, rlogin proxy, ftp proxy dan seterusnya.
   >  Di sisi client sering kali dibutuhkan software tertentu agar
   >  dapat menggunakan proxy server ini, seperti misalnya dengan menggunakan SOCKS. Beberapa perangkat lunak berbasis UNIX untuk proxy antara lain:
  >  Socks: proxy server oleh NEC Network Systems Labs
        > • Squid: web proxy server

DOWNLOAD arsipnya yg mengenai Kemanan&JarKomp .rar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar